Lanjut Usia Tetap Bisa Produktif Loh, Ini Kabar Gembiranya!

Menu Atas

Iklan 6

Lanjut Usia Tetap Bisa Produktif Loh, Ini Kabar Gembiranya!

Berita Celebes
16 Apr 2024




Direktur Fakultas Kedokteran Universitas George Washington berpendapat bahwa otak orang tua jauh lebih plastis daripada yang diyakini secara umum. Pada usia ini, interaksi belahan otak kanan dan kiri menjadi harmonis, yang memperluas kemungkinan kreatif kita. Itulah sebabnya di antara orang-orang yang berusia di atas 60 tahun, Anda dapat menemukan banyak kepribadian yang baru saja memulai kegiatan kreatif mereka.

Tentu saja, otak tidak lagi secepat di masa muda. Namun, ia menang dalam fleksibilitas. Itulah sebabnya, seiring bertambahnya usia, kita cenderung membuat keputusan yang tepat dan lebih jarang terkena emosi negatif. Puncak aktivitas intelektual manusia terjadi pada usia sekitar 70 tahun, ketika otak mulai bekerja dengan kekuatan penuh.

Seiring waktu, jumlah mielin di otak meningkat, zat yang memfasilitasi perjalanan cepat sinyal antar neuron. Karena ini, kemampuan intelektual meningkat 300% dibandingkan rata-rata.

Dan puncak produksi aktif zat ini jatuh pada usia 60-80 tahun. Yang juga menarik adalah fakta bahwa setelah 60 tahun, seseorang dapat menggunakan 2 belahan otak secara bersamaan. Ini memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah yang jauh lebih kompleks.

Profesor Monchi Oury dari Universitas Calgary percaya bahwa otak orang lanjut usia memilih jalur yang paling tidak membutuhkan energi, memotong yang tidak perlu dan hanya menyisakan pilihan yang tepat untuk memecahkan masalah. Sebuah penelitian dilakukan di mana kelompok usia yang berbeda mengambil bagian. Orang-orang muda banyak yang bingung ketika lulus ujian, sementara mereka yang berusia di atas 60 tahun membuat keputusan yang tepat.

Sekarang mari kita lihat ciri-ciri otak pada usia 60-80 tahun. Mereka benar-benar cerah.

FITUR OTAK ORANG LANSIA.

  1. Neuron otak tidak mati, seperti yang dikatakan semua orang di sekitarnya. Koneksi di antara mereka hilang begitu saja jika seseorang tidak terlibat dalam pekerjaan mental.
  2. Kelelahan dan kelupaan muncul karena informasi yang meluap-luap. Karena itu, Anda tidak perlu memfokuskan seluruh hidup Anda pada hal-hal sepele yang tidak perlu.
  3. Dimulai pada usia 60 tahun, seseorang dalam mengambil keputusan tidak menggunakan satu belahan otak secara bersamaan, seperti anak muda, tetapi keduanya.

Kesimpulan: 
Jika seseorang menjalani gaya hidup sehat, bergerak, memiliki aktivitas fisik yang layak dan memiliki aktivitas mental yang penuh, kemampuan intelektual TIDAK menurun seiring bertambahnya usia, tetapi hanya TUMBUH, mencapai puncaknya pada usia 80-90 tahun.

Informasi!
Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa:

  • Usia paling produktif seseorang adalah dari 60 hingga 70 tahun
  • Tahap manusia paling produktif ke-2 adalah usia 70 sampai 80 tahun
  • Tahap paling produktif ke-3 - usia 50 dan 60 tahun.
  • Sebelum itu, orang tersebut belum mencapai puncaknya.
  • Usia rata-rata penerima Hadiah Nobel adalah 62 tahun.
  • Usia rata-rata presiden dari 100 perusahaan terbesar di dunia adalah 63 tahun.
  • Usia rata-rata pendeta di 100 gereja terbesar di Amerika Serikat adalah 71 tahun.
  • Usia rata-rata ayah adalah 76 tahun.



Source Dok : Google


Ini menegaskan bahwa tahun-tahun terbaik dan paling produktif seseorang adalah antara 60 dan 80 tahun.

Penelitian ini diterbitkan oleh tim dokter dan psikolog di NEW ENGLAND JOURNAL OF MEDICINE.

Mereka menemukan bahwa pada usia 60 Anda mencapai puncak potensi emosional dan mental Anda, dan ini berlanjut hingga Anda berusia 80 tahun.

Oleh karena itu, jika Anda berusia 60, 70 atau 80 tahun, Anda berada pada level terbaik dalam hidup Anda.

Source: New England Journal of Medicine.