Tomisaburo Wakui 110 Tahun jadi Kakek Tertua di Jepang

Menu Atas

Iklan 6

Tomisaburo Wakui 110 Tahun jadi Kakek Tertua di Jepang

Berita Celebes
15 Apr 2024

Ilustrasi pria tertua di Jepang. ( iStockphoto/PeopleImages)


Berita Celebes. Tomisaburo Wakui, seorang pria berusia 110 tahun yang tinggal di kota Atsugi, Prefektur Kanagawa, menjadi pria tertua di Jepang. Wakui menjadi pria tertua di Jepang usai Gisaburo Sonobe, dari Prefektur Chiba, meninggal minggu lalu pada usia 112 tahun.

Dengan meninggalnya Sonobe, tidak ada lagi pria kelahiran Era Meiji (1868-1912) yang masih hidup di negara tersebut.

Wakui lahir pada 28 November 1913, pada Era Taisho (1912-1926).

"Saya menyampaikan rasa hormat saya yang tulus kepada Wakui-sama, yang telah hidup melalui era penuh gejolak Taisho, Showa, Heisei, dan Reiwa. Saya berdoa untuk kesejahteraan dan kesehatannya di masa depan," kata Walikota Atsugi Takahiro Yamaguchi dalam sebuah pernyataan, dikutip dari cnnindonesia.

Sementara itu, di Jepang, ada lagi seseorang yang berusia lebih tua dari Wakui, bahkan Sonobe. Tomiko Itooka adalah wanita tertua dan juga orang tertua di Jepang.

Wanita berusia 115 tahun, adalah Tomiko Itooka dari Prefektur Hyogo, yang lahir pada tahun 1908, adalah orang tertua yang masih hidup di Jepang,

Secara global, John Alfred Tinniswood dari Inggris kini menjadi pria tertua di dunia setelah Juan Vicente Perez dari Venezuela, yang sebelumnya memegang rekor tersebut, meninggal pada usia 114 tahun. Tinniswood kini berusia 111 tahun.

Untuk urusan perempuan tertua di dunia - dan orang tertua yang masih hidup - adalah Maria Branyas Morera yang berusia 117 tahun dari Spanyol, menurut Guinness World Records.