Bos Hamas Haniyeh ke Turki Temui Erdogan, Ada Apa Yaa..?

Menu Atas

Iklan 6

Bos Hamas Haniyeh ke Turki Temui Erdogan, Ada Apa Yaa..?

Berita Celebes
18 Apr 2024




Berita Celebes. Pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh berencana untuk menemui Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada akhir pekan ini.

Dilansir dari cnnindonesia Pertemuan mereka akan membahas mengenai sejumlah masalah masa depan Jalur Gaza dan cara penyelesaiannya.

"Saya akan menjamu pemimpin perjuangan Palestina pada akhir pekan. Kami akan membahas sejumlah masalah," kata Erdogan seperti dikutip AFP, Kamis (18/4).

Kunjungan Haniyeh ke Turki menjadi yang pertama kalinya sejak Israel melakukan agresi brutal di Gaza pada 7 Oktober lalu.

Sebelumnya, Haniyeh sudah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan untuk membahas bantuan kemanusiaan ke Gaza hingga pembicaraan tentang pembebasan sandera.

Hamas menilai bahwa "sentralitas Turki" dapat menjadi aspek negara penting dalam membantu Palestina menyelesaikan persoalan.

Fidan selaku perwakilan dari Ankara pun menambahkan bahwa persatuan antar warga Palestina dibutuhkan untuk bisa menjadi negara yang berdaulat.

Ia lantas menyampaikan posisi Turki yang aktif mendorong upaya gencatan senjata di Gaza dan persoalan solusi dua negara.

Selain itu, Fidan juga bertukar pikiran dengan Haniyeh mengenai solusi penyelesaian yang jelas bagi Palestina ke depannya.

"Kami bertukar pandangan mengenai kebutuhan mereka (Hamas) untuk secara terbuka berbagi pandangan, harapan seperti apa yang mereka miliki dalam solusi menuju negara Palestina untuk menghilangkan persepsi-persepsi ini," ucap Fidan.

Pertemuan Haniyeh dengan pemimpin tertinggi Turki itu dapat menjadi angin segar bagi Hamas untuk bisa menemukan solusi agar bisa keluar dari belenggu Israel.

Upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah Palestina juga terlihat tak hanya secara fisik namun melalui jalur diplomasi.

Terlihat dari beberapa negara yang belum lama ikut mendorong Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar Palestina bisa menjadi anggota penuh PBB.

Namun, hingga kini Israel masih terus menggempur habis-habisan Palestina di tengah resolusi yang telah diloloskan oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.